Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Polri di Tengah Pusaran Revolusi Industri dan Sosial Media

Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana –
Memasuki  revolusi industri yang tak terelakan, banyak elemen-elemen di dunia yang sudah mulai menyesuaikan diri. Begitupun tak terkecuali dengan elemen-elemen negara, termasuk Kepolisian Negara Republik Indonesia
_____________________

Perkembangan media sosial  semakin tak terbendung. Yang awalnya, hanya digunakan memajang foto serta komunikasi via tulisan, sekarang hampir semua media sosial bisa digunakan komunikasi dengan cara video call. Begitupun, sisi penggunanya, jika dulu hanya menyasar kalangan menengah ke atas, kini hampir semua kalangan menjadi pengguna serta penikmat media sosial.

Memasuki  revolusi industri yang tak terelakan, banyak elemen-elemen di dunia yang sudah mulai menyesuaikan diri. Begitupun tak terkecuali dengan elemen-elemen negara, termasuk Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Arus informasi memang sudah luas dan lebat penyebarannnya. Hal itu tentu akan menggerus siapa saja yang tidak bisa menyesuaikan. Belum lagi, atmosfir kehidupan yang perlahan telah memasuki revolusi industri 4.0, menuntut manusia untuk saling terintegrasi dalam alat bernama teknologi.

Indonesia adalah termasuk salah satu negara yang tanggap merespon perubahan tersebut. Orang-orang Indonesia sudah tidak gagap atas perubahan yang dibawa oleh teknologi dan globlisasi informasi. Begitupula dengan derap perubahan, yang juga telah diterjemahkan oleh pemangku kepentingan; politik, hukum, sosial, ekonomi, dan budaya.  Demikian kiranya atas dunia yang telah memasuki atmosfir perubahan industri dan komunikasi. Mau tidak mau, suka ataupun tidak, masyarakat harus siap menghadapi perkembangan zaman.

 Dari keempat elemen penting; sosial, ekonomi, budaya, hukum, politik,  puncak tanggungjawab terbesar atas terjadinya revolusi industri dan komunikasi adalah pada bidang hukum—yang mengharuskan turut memberikan pelayanan dan pengayoman kepada masyarakat di tengah pusaran revolusi industri dan komunikasi global—termasuk di jagad maya.

Polri sebagai representatif negara yang memegang mandat sebagai institusi penegak hukum, harus lebih mengedepankan kewaspadaan dan giat memperkaya diri dengan wawasan berupa teknologi dan komuniasi di era globalisasi. Walau bagaimana pun, Polri adalah garda terdepan yang memegang peranan penting terhadap hitam dan putihnya kamtibmas di Indonesia.

Tag ,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *