Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tantangan Humas Polri di Era Sosial Media

Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana

– Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana-
Media sosial harus dimanfaatkan sebagai sarana membangun branding seperti yang dilakukan negara lain dengan konsep country branding
____________________

Untuk melaksanakan Commander Wish Kapolri—terkait manajemen media—dan kemudian masuknya humas sebagai fungsi keenam utama Polri,  tentu perlu disambut dengan tangan terbuka oleh Polri, terutama Humas, yang bertugas sebagai pengelola informasi dan komunikasi kepada publik

Tidak berbeda dengan peran humas di kelembagaan, yang memiliki tugas di antaranya mengelola media informasi internal, memantau pemberitaan media massa, menjawab surat pembaca, menguasai peraturan pemerintah, menyiapkan tulisan, video, dan menyebarkannya, mengelola media online dan inhouse magazine, membangun jaringan di media sosial, menjalin hubungan baik dengan organisasi lain atau mitra strategis.

Memberdayakan humas sebagai manajemen media, sangat penting untuk menginisiasi personil yang mengawaki bidang kehumasan agar memiliki wawasan luas, cerdas, peka, adaptif, melek teknologi, komunikatif dan informatif,  serta menguasai teknik public speaking hubungan media. Sehingga, apabila organisasi ingin dikenal luas, bercitra positif, dan dapat menciptakan ketertarikan serta kepercayaan publik, maka humas—yang kini menjadi fungsi keenam utama Polri—selalu meng-upgrade diri guna mengoptimalkan fungsinya tanpa terkecuali di media sosial.

Media sosial memiliki fungsi penting untuk membangun citra sosial; individu, kelompok, maupun organisasi. Selain itu, di media sosial juga terdapat kesempatan menulis gagasan, opini, berita dan berbagai hal untuk membangun citra positif—dan hal ini juga bisa dilakukan oleh personel Polri, meskipun bukan personel humas. Satu personel Polri baik, maka personel lain akan kena imbasnya. Begitupun sebaliknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *