Muasal Judul ‘Jenderal di Garis Promoter’

– Dien Albanna saat berada di kediaman dinas Inspektur Jenderal Polisi –
Mendisplinkan diri dan berlaku professional serta tidak alergi terhadap perubahan zaman serta mampu memberikan kinerja terbaik, tak lain upaya yang harus dilakukan bila hendak memuarakan tujuan kesuksesan yang terpercaya
_______________________

 

“ … Kuranglebih, dua jam dikediaman. Saya katakan ke Dien, saya punya ide dan ingin judul buku itu membuat orang penasaran. Rupanya, dia nulis Jenderal di Garis Promoter. Luar biasa. Terimaksih, Mas Dien.”

Begitulah disampaikan Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana. Pada kesempatan itu, Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana menghamparkan sebuah cerita singkat tentang muasal buku ‘Jenderal di Garis Promoter’, yang telah diterbitkan dan dipersembahkan sebagai cendramata di malam penghantar tugas menuju Markas Besar.

‘Jenderal di Garis Promoter’ bukan buku tebal layaknya novel Harry Potter atau buku tebal lainnya. ‘Jenderal di Garis Promoter’ merupakan buku yang mengulas kisah iktikad seorang pucuk pimpinan, yang menghendaki institusi yang dinahkodainya menjadi naik kelas dan lebih baik.

Terdapat tiga poin utama yang disentil Dien Albanna dalam buku Jenderal di Garis Promoter. Pertama, tentang Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana—yang kala itu masih Brigadir Jenderal—datang ke Polda Kalimantan Selatan. Kedua, tentang arahan kunjungan kerja atau untaian kata ketika bersama masyarakat. Dan, yang ketiga, tentang proses kenaikan tipologi Polda Kalsel.

Selain dapat mengambil pelajaran atas apa yang telah dilakukan Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana, Dien Albanna juga menyuguhkan pembelajaran melalui kegiatan kepolisian dalam kehidupan secara umum; mengulas peran keluarga, berkarya, dan yang paling menarik adalah maksud di balik memberikan judul buku tersebut.

‘Jenderal di Garis Promoter adalah judul yang terinspirasi dari kisah perjuangan Agen Polisi di tahun 1947 tatkala Agen Polisi itu bertugas di garis Van Mook—yang juga ditulis oleh Dien Albanna.

Tag ,,,

2 tanggapan pada “Muasal Judul ‘Jenderal di Garis Promoter’

  1. Aamiin ya Allah semoga kedua anak jendral menjadi pemimpin yang tegas tapi tetap humanis dan profesional.

    1. Aamiin Ya Robal Aalamiin. Terimaksih 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *