Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Akhirnya, Polri Menjawab Tantangan Mendapat Sambutan dari Kapolri

– Inspektur Jenderal Polisi Rachmat Mulyana –
Polri Menjawab Tantangan merupakan gambaran tentang keprihatinan terhadap mutu pelayanan Polri yang masih menuai keluhan, kecaman, atau bahkan sinisme dari lapisan masyarakat
_________________

Alhamdulillah, begitulah kata pertama yang terucap dari kami tatkala penantian itu telah datang. Kuranglebih satu bulan menunggu, akhirnya kesempurnaan atas karya kami yang bertajuk Polri Menjawab Tantangan telah tergapai.Sebagaimana karya-karya kami lainnya, Polri Menjawab Tantangan merupakan karya sederhana kami. Namun, dikarenakan adanya uraian kata dari Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, yang berkenan memberikan sambutan atas karya tersebut, maka bertambah bangga dan terhormat dengan adanya sambutan dari sosok nomor satu di institusi Tribrata.  

Tentunya, kami pun tak lupa menghaturkan rasa terimakasih kepada Bapak Kapolri, yang  telah berkenan membaca hingga membunuhkan penilaian bahkan apresiasi untuk Polri Menjawab Tantangan.

Polri Menjawab Tantangan merupakan gambaran tentang keprihatinan terhadap mutu pelayanan Polri yang masih menuai keluhan, kecaman, atau bahkan sinisme dari lapisan masyarakat.

Materi-materinya Polri Menjawab Tantangan juga berasal dari tugas akhir kami ketika menempuh Pendidikan Sespimti Dikreg ke-21 tahun 2013 berikut arahan yang telah kami sampaikan ketika menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan kepada anggota Polri di Lambung Mangkurat. Namun demikian, agar tugas akhir itu bisa dinikmati, maka kami pun mengurai tugas akhir itu menjadi sebuah karya yang telah disesuaikan dengan perkembangan zaman yang di dalamnya terdapat rintangan dan tantangan yang harus dijawab oleh Polri. Selain itu,  Polri Menjawab Tantangan adalah sebagai masukan untuk pimpinan Polri dalam mengambil kebijakan terkait pembinaan karier SDM Polri dalam rangka membangun kualitas pelayanan kepolisian yang prima.

Sebagaimana rasa bangga dan terimakasih kami atas apresiasi dari Bapak Kapolri, dengan ini kami kembali berbagi—setelah sebelumnya sambutan Jenderal di Garis Promoter kami bagikan— kepada masyarakat dan juga kepada anggota di institusi Polri.

Adapun penilaian tentang Polri Menjawab Tantangan disampaikan oleh Kapolri dalam sambutannya sebagai berikut :

Sambutan Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian di buku Polri Menjawab Tantangan

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

Salam sejahtera bagi kita sekalian,

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, saya menyambut baik diterbitkannya buku “Polri Menjawab Tantangan”, yang ditulis oleh Irjen Pol Rachmat Mulyana, yang saat ini menjabat sebagai staf Ahli Kapolri Bidang Sosial dan Ekonomi.

Dinamika pada lingkungan strategis global, regional, dan nasional senantiasa berimplikasi terhadap penyelenggaraan tugas Polri, baik dalam upaya pemeliharaan kamtibmas, penegakan hukum, maupun perlindungan, pengayoman, dan pelayanan masyarakat. Perubahan secara cepat di seluruh bidang kehidupan (revolution in all affairs) sebagai ciri dari globalisasi, telah melahirkan berbagai kejahatan berdimensi baru yang berkaitan erat dengan tugas dan tanggungjawab Polri. Seiring dengan pengaruh globalisasi tersebut, demokratisasi yang ditandai dengan semakin menguatnya peran legislatif, media, dan civil society turut menambah kompleksitas tantangan tugas Polri. Kondisi tersebut menuntut Polri semakin profesional dalam penyelenggaraan tugas agar mampu meraih kepercayaan publik.

Guna menjawab tantangan tersebut, saya telah mencanangkan Program Promoter pada awal kepemimpinan sebagai Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia. Program ini bertujuan untuk mewujudkan Polri yang semakin dipercaya masyarakat, dengan berfokus pada upaya peningkatan profesionalisme dan modernisasi. Dalam implementasinya ini, program ini telah menunjukkan hasil yang signifikan, kepercayaan publik terhadap Polri pada awal 2016 berada pada urutan ke-3 terendah, sedangkan kini semakin meningkat hingga berada pada posisi ke-3 terbaik di antara lembaga negara lainnya.

Potret aktual implementasi Program Promoter Polri dalam menjawab dinamika tantangan tugas, telah disajikan secara sistematis dalam buku ini. Mulai dari bidang pembinaan yang meliputi manajemen sumber daya manusia dan perbaikan kultur, hingga bidang operasional yang meliputi penegakan hukum tindak pidana narkoba. Di sisi lain, penulis juga menuangkan gagasan dan pemikirannya yang bermanfaat bagi personel Polri untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pengabdiannya selaku insan Bhayangkara. Pada cakupan yang lebih luas, informasi tentang dinamika penyelenggaraan tugas Polri yang terangkum dalam buku ini diharapkan menjadi bahan bacaan yang menarik bagi masyarakat.

Sebagai penutup, selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada penulis yang telah menyusun dan menerbitkan buku ini. Semoga kehadiran buku ini dapat memberikan manfaat besar dalam mewujudkan institusi Polri yang semakin dicintai masyarakat. Demikian sambutan saya, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan bimbingan dan perlindungan kepada kita dalam mewujudkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Sekian dan terima kasih,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 Jakarta, 21 Januari 2019

KEPALA KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA

JENDERAL POLISI . PROF. H. MUHAMMAD TITO KARNAVIAN, Ph.D

Tag ,,,,,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *